Hujan Asam

Diposkan oleh Deni Dn on Jumat, 17 Agustus 2012
 Hujan Asam
 Hujan Asam -  Kita mungkin sering mendengar orang membicarakan tentang hujan asam serta bahaya dari hujan asam terhadapa kehidupan mahluk di muka bumi ini. Namun, apakah kita telah sepenuhnya memahami tentang pengertian dari hujan asam itu sendiri? Sebenarnya, apa itu hujan asam? Baca dan pelajari pembahasan tentang apa itu hujan asam di bawah ini supaya kita memahami betul pengertian dari hujan asam.

Apa Itu Hujan Asam





Hujan asam merupakan hujan yang pada setiap tetesnya mengandung pH yang sangat rendah. Bilai nilai pH normal air hujan adalah sekitar 5,6 , maka pada hujan asam ini nilai pH airnya hanya mencapai 2 hingga 3 saja. Hujan asam ini bisa terjadi sebagai akibat dari tingginya kadar gas Sulfur Oksida dan Nitrogen Oksida. Kedua zat tersebut merupakan hasil dari emisi atau buangan kegiatan industri dan kendaraan bermotor. Sejak tahun 1993, para ahli telah mengeluarkan pernyataan bahwa 50% dari keberadaan gas Nitrogen Oksida dan 90% gas Sulfur Oksida yang terdapat di atmosfer dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Gas - gas hasil emisi pembuangan kegiatan industri dan juga kendaraan bermotor serta aktivitas - aktivitas manusia lainnya, selain bisa menimbulkan pencemaran udara juga larut dalam titik - titik air di awan dan membentuk larutan asam sulfat dan asam nitrat dimana ketika terjadi hujan,  kedua larutan tersebut akan ikut turun bersama air hujan. Inilah dasar mengapa disebut dengan hujan asam.

Mengapa hujan asam ini banyak dibicarakan orang? Karena akibat yang ditimbulkan oleh hujan asam ini sangat luar biasa. Berikut ini adalah dampak yang dihasilkan dari terjadinya hujan asam:


    Bisa menyebabkan matinya tumbuhan dan ikan
    Bisa mengurangi kadar mineral dalam tanah
    Bisa melarutkan aluminium dari mineral di dalam tanah dan bebatuan
    Bila bereaksi dengan logam, bisa merusak tiang jembatan, bodi mobil, kapal laut, dan juga struktur bangunan lain yang menggunakan besi / logam
    Selain merusak bangunana yang memiliki unsur logam, hujan asam ini dapat merusak bangunan - bangunan yang terbuat dari batu kapur Sum:http://carapedia.com

{ 0 komentar ... read them below if any or add comment }

Poskan Komentar

Sampaikan kritik dan saran anda dengan bijak, Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
info lengkap - Infi hari ini Kumpulan Terbaru Di Dunia